Select Page

Kabel LAN (Local Area Network) adalah kabel yang digunakan untuk menghubungkan komputer lebih dari satu dalam suatu jaringan lokal, bisa rumah atau gedung. Fungsi kabel LAN adalah mengirim data antar komputer dan perangkat network seperti switch, router.

Kabel LAN disebut juga kabel ethernet merupakan jenis kabel twisted, secara fisik merupakan kabel multicore yang berisi 4 pasang kabel dengan standard warna tertentu untuk membedakan fungsinya. Setiap pasang kabel saling terpilin atau twist yang bertujuan sinyal yang dikirm tahan terhadap ganggunan elektromagnetik dan jangkauan lebih jauh.

Jenis kabel LAN atau kabel ethernet

Secara garis besar kabel LAN dibagi menjadi dua kelompok yaitu:

  • Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair)
  • Kabel STP (Shielded Twisted Pair)

Perdebaannya pada kabel STP diberi pelindung menyelubungi kabel sehingga memiliki ketahanan tinggi terhadap gangguan elektromagnetik yang membuatnya dapat digunakan hingga jarak lebih dari 100 meter (dalam praktek dapat mencapai 300 meter).

Kabel LAN dibahas disini merupakan jenis UTP, umum digunakan karena harga lebih terjangkau.

Kabel LAN memiliki beberapa jenis yang memiliki spefisikasi berbeda menyesuaikan kebutuhan kecepatan transfer data.
Cat5
Kabel ini mendukung kecepatan hingga 100Mbps.

Cat5e
Merupakan pengembangan dari kabel Cat5 agar dapat mendukung kecepatan transfer hingga 1000Mbps dengan kompensasi jarak lebih pendek. Umumnya kabel LAN mampu bekerja baik hingga jarak 100 meter.

Cat6
Memiliki kualitas lebih baik dari Cat5e dan mendukung kecepata 1000Mbps. Kabel Cat6 juga mendukung kecepatan 10Gbps namun untuk jarak pendek saja.

Cat6e
Pengembangan dari Cat6 untuk mendukung kecepatan transfer hingga 10Gbps dengan jangkauan sampai 100 meter.

Cat 7
Kabel ini didesain untuk mendukung 10Gbps dan memiliki kebihan lebih tahan terhadap interferensi elektronimagnetik.

Dalam sejarahnya, kabel LAN merupakan pengembangan dari kabel jaringan telepon dimulai dari generasi pertama Cat1 dan terus berevolusi hingga Cat8 mengikuti kemajuan teknologi.

Walaupun teknologi perkabelan sudah mulai menggunakan kabel fiber optik yang mampu membawa data jauh lebih cepat. Namun mengingat perangkat pendukung masih mahal, kebanyakan aplikasi kabel fiber optik hanya untuk koneksi jarak jauh (antar gedung, antar kota) dan industri data center.