Select Page

Rumus segitiga yang selalu saya ingat adalah Pythagoras, sejak diperkenalkan di bangku sekolah dasar 😊

Pythagoras

Pythagoras adalah seorang filsuf dan matematikawan kuno yang lahir sekitar tahun 570 SM di pulau Samos, Yunani, dan meninggal sekitar tahun 495 SM di Metapontum, Italia. Ia dikenal karena kontribusinya dalam bidang matematika dan filsafat, terutama teorema Pythagoras yang terkenal.

Teorema Pythagoras menyatakan bahwa dalam segitiga siku-siku, kuadrat panjang sisi miring (sisi c) sama dengan jumlah kuadrat panjang sisi-sisi yang lain (sisi a dan sisi b). Teorema ini dapat dituliskan sebagai:

Meskipun tidak dapat dipastikan sejauh mana kontribusi langsung Pythagoras dalam teorema tersebut, namun namanya terkait erat dengan temuan tersebut.

Selain matematika, Pythagoras juga terlibat dalam pembentukan sekolah filsafat dan matematika yang dikenal sebagai Pythagoreanism. Sekolah ini tidak hanya berfokus pada aspek matematika, tetapi juga mencakup aspek-aspek filosofis, spiritual, dan musik.

Pythagoras diyakini memiliki pemikiran yang mendalam tentang hubungan antara matematika dan alam semesta, dan pengaruhnya dapat dilihat dalam perkembangan matematika dan filsafat selanjutnya. Meskipun sebagian besar informasi tentang Pythagoras bersifat legendaris dan sulit untuk divalidasi, namun warisan kontribusinya dalam matematika dan filsafat tetap menjadi bagian penting dari sejarah ilmu pengetahuan.

Membuat Program Segitiga Pythagoras

Program ini memiliki tiga kolom isian yang mewakili panjang sisi-sisi segitaga, yakni a, b, dan c. Pengguna cukup mengisi dua nilai dari tiga kolom tersebut. Kolom yang kosong akan dihitung oleh program ini, misal kita mengisi angka pada kolom a dan b, maka nilai c akan dicari oleh program ini.

Berikut potongan skripsi program segitiga Pythagoras.

procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
var
  i, a, b, c: real;
begin
  a:= StrToFloat(Edit1.Text);
  b:= StrToFloat(Edit2.Text);
  c:= StrToFloat(Edit3.Text);
  if c = 0 then
  begin
    i:= sqrt(sqr(a) + sqr(b));
    Edit3.Text:= FloatToStr(i);
    Edit3.Font.Style:= [fsBold];
  end
  else if a = 0 then
  begin
    i:= sqrt(sqr(c) - sqr(b));
    Edit1.Text:= FloatToStr(i);
    Edit1.Font.Style:= [fsBold];
  end else if b = 0 then
  begin
    i:= sqrt(sqr(c) - sqr(a));
    Edit2.Text:= FloatToStr(i);
    Edit2.Font.Style:= [fsBold];
  end else
  begin
    Application.MessageBox('One of Values should be zero', 'Warning',MB_ICONWARNING);
    ActiveControl:= Edit1;
  end;
end;  

Tekniknya cukup mudah, program mendeteksi kolom mana yang nilainya 0 dengan pernyataan if.. then. Bagaimana jika semua kolom bernilai nol? Ya, hasilnya juga nol 😊

Jangan khawatir, saya menyertakan source codenya disini.