Select Page

Koneksi internet menggunakan Wifi sangat praktis bagi pengguna laptop. Beberapa pengguna PC juga lebih menyukai menggunakan Wifi jika tidak terlalu mementingkan kecepatan, hanya dengan menancapkan dongle Wifi USB tidak perlu instal kabel LAN. Anda juga sebagai pemilik router Wifi harus rutin mengganti password (dan SSID opsional) secara berkala. Termasuk pemilik modem Wifi seperti smartfren. Tujuannya untuk keamanan dan terkadang kita lupa siapa saja yang pernah menggunakan jaringan Wifi kita. Ini bisa menjadi celah pembobolan jaringan komputer milik anda. Contoh modem smartfren menggunakan IP default 192.168.1.1 serta username password default adalah admin / admin. Termasuk saya, malas untuk menganti yang berbau default. Padahal, mungkin saja jika teman anda iseng mengganti password modem.

Cara mengganti password Wifi router atau modem bisa baca manual produk ya.

Ketika password Wifi dirubah tanpa merubah SSID, berarti Anda harus memasukkan ulang password baru. Saya mencoba akses Wifi dengan password pada smartphone Android, tidak terjadi masalah. Ketika koneksi Wifi diaktifkan, hape langsung mengenali SSID tersebut dan password langsung diminta untuk diisi ulang.

Can’t connect to this network

Ternyata, hal tersebut tidak terjadi pada laptop Windows 11 dimana laptop tidak bisa terhubung Wifi dengan memamerkan notifikasi “Can’t connect to this network”.  Usut punya usut ternyata password Wifi yang telah tersimpan di Windows tidak secara otomatis terhapus jika terjadi kegagalan koneksi. Dan Windows berusaha melalukan koneksi dengan password usang tanpa memunculkan kolom pengisian password supaya pengguna mencoba mengisi password baru.

Cara Me-refresh Password Wifi di Laptop

Agar dapat memunculkan kolom password Wifi, kita harus menghapuskan SSID yang telah tercatat di Windows. Cara me-refresh password Wifi di laptop adalah sebagai berikut:

  • Buka Control Panel. Bisa juga dengan tekan tombol logo Windows + S, lalu ketikkan control panel.
  • Setelah window Control Panel ditampilkan, klik Network & Internet
  • Kemudian, klik Network & Sharing Center
  • Klik Advance Sharing Setting
  • Klik Network & Internet serta pilih Wifi
  • Lanjutkan, klik Manage know networks
  • Pilih SSID yang password-nya telah diganti dan klik Forget
  • Selanjutnya, anda melakukan koneksi Wifi ulang.

Semoga bermanfaat.