Select Page

Saya masih ingat, saat laptop masih baru dan pertama kali dihidupkan. Kemudian membuka Task manager, ada beberapa aplikasi service host atau svchost.exe berjalan. Namun setelah banyak instalasi software dan terhubung internet, aplikasi service host memenuhi daftar aplikasi yang berjalan di Task Manager.

Apakah Service host atau svchost.exe? Apakah svchost berbahaya?

Hasil googling dan tanya ke ai, jawabannya seperti ini

“svchost.exe (Service Host) adalah proses sistem yang digunakan oleh sistem operasi Windows untuk menjalankan layanan sistem dan proses yang terkait. Ini adalah komponen integral dari arsitektur Windows dan membantu dalam menjalankan sejumlah layanan sistem yang berbeda secara bersamaan.

Anda dapat melihat daftar layanan yang dijalankan oleh setiap instance svchost.exe dengan membuka Task Manager (Ctrl+Shift+Esc), mengklik tab “Details” atau “Rincian” (tergantung pada versi Windows), dan mencari proses svchost.exe. Kemudian, Anda dapat mengklik kanan pada instance tertentu dan memilih “Go to service(s)” untuk melihat layanan apa saja yang dijalankan oleh instance tersebut.

Penting untuk dicatat bahwa svchost.exe sendiri bukan merupakan virus atau malware. Namun, karena beberapa jenis malware dapat menyamar sebagai svchost.exe untuk menyembunyikan keberadaan mereka, perlu untuk memastikan bahwa file tersebut benar-benar berlokasi di direktori sistem Windows yang tepat c:\\windows\system32\.”

Ok, jadi sudah jelas svchost.exe bukan virus, namun virus bisa saja menyamar sebagai svchost.