Select Page

Konektor RJ45 merupakan konektor standard pada kabel LAN dimana cangkangnya terbuat dari plastik. Pin konektor RJ45 terbuat dari logam tembaga atau yang lebih baik dengan jarum dimana pada saat pemasangan pin tersebut ditekan menggunakan crimping hingga masuk untuk menjepit ujung kabel. Jarum pin akan menembus isolator kabel hingga terhubung.

Ada dua cara pemasangan berdasarkan fungsi kabel

Crossover Cable
Kabel dipasang menyilang antar ujung-ujung konektor RJ45. Dimana digunakan untuk menghubungkan langsung komputer ke komputer (peer to peer) tanpa menggunakan switch. Kabel crossover sudah jarang digunakan karena port ethernet komputer terbaru sudah menggunakan yang mampu mengetahui port transmit dan port receive secara otomatis.

Jika ada perangkat masih membutuhkan kabel crossover, kita bisa menggunakan RJ45 Barrel tipe crossover seperti gambar dibawah.

Straight Cable
Kabel dipasang tanpa persilangan, dahulunya untuk menghubungkan komputer ke switch atau sebaliknya. Dengan kemampuan port ethernet komputer saat ini, untuk menghubung peer-to-peer sudah bisa menggunakan kabel straight.

Kita fokus pada pemasangan kabel LAN jenis straight menggunakan konektor RJ45.

Ada dua metoda penempatan kabel pada pin RJ45 yakni T-568A dan T-568B. Keduanya memberikan hasil yang sama ketika digunakan. Jika kita menggunakan model T-568A maka kedua konektor harus menggunakan T-568A juga, demikian juga sebaliknya.

Perbedaan kedua model ini bisa dilihat pada tabel dibawah